ADWI 2021, Senaru Masuk Nominasi 50 Besar

  • Whatsapp

Bayan, Utarapost.net – Dalam rangka mendorong dan mengembangkan desa-desa wisata di Indonesia menjadi Destinasi Pariwisata berkelas dunia, berdaya saing serta berkelanjutan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021, mengangkat tema “Indonesia Bangkit”. Dari total 1.831 Desa Wisata ADWI 2021, Desa Senaru Kecamatan Bayan masuk nominasi 50 Besar setelah melalui penilaian Dewan Juri sejak April silam.

Seremonial penganugrahan disematkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, disaksikan Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH dan Wakil Bupati Danny Karter Febrianto R, ST, M.Eng, berlangsung di Desa Senaru (4/11/2021). Hadir pula Kasrem 162 WB, Kadispar NTB, Kapolres Lotara, Ketua TP PKK KLU, Kepala OPD KLU serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan bahwa kegiatan penganugerahan Desa Wisata sebagai fase awal dari kebangkitan dunia pariwisata Indonesia pada masa Pandemi saat ini.

“Saya mendapatkan momen luar biasa di Senaru ini, di mana ada Women Guide. Ini bagian dari promosi yang luar biasa dimiliki Desa Senaru,” tuturnya.

Dengan keindahan luar biasa, ungkap Sandiaga, Wisata Senaru tentunya akan membuka lapangan pekerjaan kedepan. Terlebih kehadiran event Internasional WSBK dan Moto GP di Mandalika. Diyakini Menparekraf, dengan keindahan Desa Senaru, akan dipromosikan pada Simposium Internasional yang diikuti 23 Negara.

Bupati Djohan Sjamsu, pada momen istimewa itu menyampaikan selamat datang kepada Menparekraf RI di Desa Senaru seraya mengapresiasi terpilihnya desa setempat sebagai salah satu dari 6 Desa Wisata di Kabupaten Lombok Utara masuk nominasi ADWI di Indonesia.

“Harapan kita Pandemi Covid-19 berakhir dan sektor pariwisata kita bangkit kembali seperti dulu,” harap Djohan.

Terpisah, Wabup Danny Karter FR, mengutarakan, masuknya Desa Senaru 50 Besar ADWI tahun ini akan memberi dampak positif bagi kemajuan daerah kedepan. Dengan nominasi tersebut sinergi Pemda dan Pemerintah Pusat dalam konteks pengembangan desa wisata perlu ditingkatkan mengingat KLU memiliki 6 desa wisata.

“Selamat saya ucapkan kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Senaru yang masuk dalam 50 ADWI Tahun 2021. Kita jadikan momen ini sebagai pendorong semangat dalam peningkatan pariwisata di daerah khususnya di Senaru ini,” ajak Danny.

Seremonial ADWI di Desa Senaru tampak meriah dengan pertunjukan kesenian khas Bayan, pameran Stand UMKM dan event lainnya. (sas)
foto: den/prokopim.

Pos terkait