WRC PAN RI DIY Kawal Normalisasi sungai Buntung di wialayah Bluyahrejo Yogyakarta

  • Whatsapp

Yogyakarta, Utarapost.net – Watch Relation of Corruption Pengawas Aset Negara Republik Indonesia ( WRC PAN RI ) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dikoordinir K. Herman Setiawan beserta Tim, menindaklanjuti dan mengawal laporan usulan dari wilayah yang mempertanyakan program yang pernah dilakukan survey oleh WRC PAN RI DIY bersama Fraksi Gabungan DPRD DIY dari PSI mengingat langganan wilayah tersebut masih selalu terkena banjir sepanjang sungai Buntung setiap musim penghujan,Pada Rabu, 03/11/2021.

Setelah sebelumnya K. Herman Setiawan telah melakukan koordinasi dengan kepala DPUPKR kota Yogyakarta Ir. Hari Setyowacono,MT yang ditindaklanjuti survey ke lokasi oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase Kota Yogya Umi Akhsanti, ST., MT., Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Sigit Setiawan, ST., M.ENG beserta tim DPUPKPR Kota, pada hari ini langsung melakukan tinjauan ke lokasi talud Sungai Buntung di Blunyahrejo RT.25 RW.06 Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Didampingi Lurah Karangwaru Anggit Safrudin,A.Md, Ketua RT.25 Rillo Hartono, Seksi Pembangunan RW.06 Sumaryanto, Ketua RK Blunyahrejo Pratito serta pengurus wilayah yang ikut mendesak DPUPKPR kota Yogyakarta untuk memperoleh kepastian akan dibangunnya Talud Normalisasi Sungai Buntung sepanjang kurang lebih 20 M lari yang akan dimundurkan sebagai upaya normalisasi sungai, sekaligus akan dilakukan pemetaan rumah rumah warga di sepanjang RT.25 untuk dilakukan program Mundur,Munggah,Madep Kali ( M3K ), berbarengan dengan penataan sungai dan bangunannya.

Usai peninjauan dan pemetaan oleh SDA DPUPKPR kota dilanjutkan pemetaan dan tinjauan oleh PUP ESDM DIY yang dibutuhkan oleh warga adalah pelebaran gorong gorong sungai yang menjadi perbatasan antara sungai Buntung di Karangwaru yang akan menuju ke wilayah sungai di kelurahan Kricak, untuk penataan di Kricak juga akan dilakukan oleh DPUPKPR kota Jogja.

SDA PUP ESDM DIY Arin Setyadi,ST.M.Sc. didampingi Weny Triana,ST tim PAI dan rombongan setelah berkoordinasi dengan Korwil WRC DIY dan Lurah serta tokoh masyarakat setempat agar program yang dilakukan bisa bersinergi dan berjalan tertata rapi sesuai kebutuhan masterplain yang ada dan tidak tumpang tindih anggarannya di satu lokasi wilayah Blunyahrejo.

PUP ESDM DIY akan mengerjakan pelebaran gorong gorong Sungai Buntung menuju Kricak yang akan bekerja sama dengan Bina Marga terkait peralihan arus jalan Magelang yang merupakan jalan Nasional, dan juga akan dikerjakan pelebaran jembatan lama untuk putaran jalan mobil manakala program pembukaan lahan pinggir Sungai menjadi akses jalan mobil menuju jalan utama Jl. Magelang sehingga akan menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar dan nilai ekonomis perumahan warga akan melambung tinggi dengan terbukanya akses jalan yang selama ini hanya bisa mengakses jalan kecil saja.

WRC PAN RI DIY sendiri berkomitmen mengawal usulan masyarakat sampai selesainya semua program kewilayahan sehingga menjadi rule model penataan kawasan di seluruh Indonesia, dimana wilayah Karangwaru sudah beberapa menjadi menjadi model awal program pemerintah pusat baik PLPBK, Kotaku DFAT, TMMD (rht)

Pos terkait