Pemkot Yogyakarta Bersama FIK UNY Gelar Pelatihan Pelati Fisik Pemula

  • Whatsapp

Sekda Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya memberikan sambutan kepada perserta pelatihan pelatih fisik pemula

 

Bacaan Lainnya

SLEMAN (DIY), utarapost.net – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam memberikan pelayanan pendidikan sesuai standar dan mutu kepada masyarakat. Yaitu memberikan pelatihan kepada Guru. Salah satunya dalam pelayanan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan jenjang SD dan SMP. Pemberian pelatihan tersebut adalah bagian dari menguatkan Yogya sebagai kota pendidikan.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya pelatihan bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD dan SMP di Kota Yogyakarta penting. Itu karena jenjang SD dan SMP adalah pondasi yang kuat pada pendidikan dasar.

“Serta dapat menguatkan aspek Kota pendidikan, dan bagian dari proses meningkatkan kapasitas ASN guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Termasuk pelayanan pendidikan yang penting bagi prestasi olahraga di Yogyakarta,” kata Aman saat membuka pembukaan pelatihan pelatih fisik pemula di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY), Selasa (23/8/2022).

Atas kerja sama yang dibangun dengan Pemkot Yogyakarta. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada FIK UNY yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan tersebut.

“Aman menegaskan Pemkot Yogyakarta sangat memberikan konsetrasi dan perhatian pada peningkatan mutu ASN karena untuk memastikan standar pelayanan terpenuhi,”ujarnya

Selain itu Aman menyampaikan pelatihan itu bagian dari upaya konsentrasi Pemkot Yogyakarta dalam melakukan pembinaan olahraga sejak dini.

“Terutama melalui guru pendidikan jasmani dan kesehatan SD dan SMP.
Baik dari sisi pendidikan olahraga maupun olahraga prestasi,”katanya

Pelatihan yang diikuti 30 guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD dan SMP di Kota Yogyakarta pada 23-25 Agustus 2022.

“Ia berharap ada kebaruan-kebaruan metode dan program yang bisa memperkaya wawasan. Yang ingin diraih tidak hanya olahraga pendidikan tapi juga olahraga prestasi,” tambahnya.

Sementara itu Dekan FIK UNY Prof Dr Wawan Sundawan Suherman mengatakan pelatihan tersebut untuk mengembangkan pembangunan keolahragaan. Terutama olahraga prestasi dan pendidikan.

“Salah satu penopang prestasi olahraga adalah ilmu keolahragaan sehingga pelatihan itu penting,”ujarnya.

Sport science salah satu penopang prestasi. Harus kita manfaatkan agar prestasi olahraga bisa berkembang bagus. Harapan Yogya menjadi pusat atlet selain kota pendidikan dan menghasilan prestasi.

“Salah satu keunggulan kita memiliki pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Itu menjadi potensi yang perlu kita kembangkan bersama,” jelas Prof Dr Wawan.

Sedangkan Ketua Jurusan Pendidikan dan Pelatihan FIK UNY, Dr Fauzi menyatakan pada pelatihan pelatih fisik pemula itu akan menekankan pada pembinaan fisik usia dini. Karena hal itu penting dimasa pertumbuhan dan perkembangan yang tercepat. Dan sebagai pondasi agar kuat untuk kebugaran dan prestasi yang lebih baik

“Itu yang kita tekankan pertumbuhan dan perkembangan semua fungsi tubuh. Salah satunya yaitu kardio respirasinya yaitu jantung dan paru-paru. Supaya bisa memberikan dukungan untuk cabor-cabor tertentu sesuai kebutuhan desain paru-paru dan jantung,” pungkas Fauzi.(aji)



Pos terkait