Cara Unik Mergangsan Kidul Wujudkan Lingkungan Nyaman Huni dan Toleransi

  • Whatsapp

Fhoto Anak – Anak RW 24 Mergangsan Kidul sedang mengikuti kegiatan program Kampung Semanak dengan berdialog

 

Bacaan Lainnya

 

Yogyakarta (DIY), utarapost.net – Untuk mewujudkan Kampung menjadi nyaman huni dan penuh toleransi, RW 24 Mergangsan Kidul, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta mempunyai cara unik.

Yakni dengan cara mengajak anak-anak berdialog secara rutin dalam satu forum, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Kampung Semanak.

Pada acara tersebut biasanya dihadiri sebanyak 50 anak dan remaja, mulai dari tingkat SD hingga Mahasiswa yang tinggal dan berdomisili di wilayah RW tersebut.

Ketua Umum LPMK Kelurahan Wirogunan, Abdul Razaq menyatakan, dialog anak ini dimaksudkan untuk mendengar harapan dan usulan anak dalam mewujudkan kampung semanak. Kemudian akan ditindak lanjuti dalam bentuk kegiatan dan disinkronkan dengan harapan orang tua, pengurus dan tokoh masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai ikhtiar bersama dalam mewujudkan Kampung Semanak. Anak tidak lagi sebagai objek, namun juga subjek dalam mewujudkan kampung yang nyaman huni”, ujarnya Jumat (2/12/2022).

Menurutnya, setiap anak mempunyai harapan di masa mendatang atas kampungnya, sebagai media pembelajaran bermasyarakat yang sangat berarti dan bermakna dalam hidupnya.

“Kita juga dapat mengenalkan dan mempraktekkan nilai-nilai yang ada di masyarakat, yang dimulai dari dialog anak,” katanya

Sementara itu Ketua RW 24, Nugroho Sanyoto menegaskan, kampung semanak menjadi harapan warga RW 24 dan menjadi gerakan bersama seluruh warga.

“Gagasan mewujudkan kampung semanak perlu menjadi gerakan bersama warga dengan berbagai aksi, salah satunya mendengarkan suara anak”, ujarnya.

Nugroho mengaku untuk mewujudkan kampung semanak kita dengarkan suara anak yang dimulai dengan cara berdialog bersama anak RW 24.

“Mewujudkan kampung semanak menjadi tanggung jawab semua warga RW 24. Untuk itu, kami mengajak warga untuk terlibat dan kontribusi mewujudkan kampung semanak”, harapnya.

Sebagai informasi dapat disampaikan mana  RW 24 Mergangsan kidul pada bulan Agustus lalu telah mendeklarasikan sebagai Kampung Semanak, yang dimaksudkan sebagai ikhtiar bersama seluruh masyarakat diwilayah RW tersebut untuk membangun kebersamaan, keakraban, keramahan dan kekeluargaan. (aji)



Pos terkait