Beri Kepastian Keamanan Pangan, Tim Bapanas Sambangi PAS AMAN Pasar Pangkalan Balai

  • Whatsapp
Tim Bapanas bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Sumsel dan DKP Banyuasin, saat melakukan supervisi program monitoring dan evaluasi Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) di Pasar Pangkalan Balai, Selasa 28/11/2023. (Utarapost.net)

Banyuasin (Sumsel), Utarapost.net – Tim Direktorat Pengawasan dan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Sumsel, maupun DKP Banyuasin, melakukan supervisi program monitoring dan evaluasi Pasar Pangan Segar Aman (PAS AMAN) di Pasar Pangkalan Balai, Selasa (28/11/2023).

Pengecekan mulai dari Dokumen, Administrasi hingga Standar Operasional Prosedur (SOP) penerapan internal Control Sistem yang ada di Pas Aman ini sebagai langkah agar pengawasan di pasar rakyat dapat dilaksanakan secara mandiri dan terus menerus oleh pengelola pasar rakyat dalam hal ini Pasar rakyar Pangkalan Balai.

Bacaan Lainnya

Seperti yang disampaikan oleh Analis Ketahanan Pangan Badan Pertahanan Nasional, Sarastuti, dikatakannya bahwa dengan Monev ini diharapkan memberi jaminan kepastian keamanan pangan bagi produk segar curah yang diedarkan kepada masyarakat.

“Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan upaya pengawasan keamanan pangan pasar rakyat yang dilakukan secara mandiri dan terus menerus oleh pengelola pasar rakyat, dengan harapan memberikan jaminan kepastian keamanan pangan bagi produk segar curah yang diedarkan kepada masyarakat,” jelasnya saat dibincangi usai melakukan peninjauan.

Dirinya menambahkan, kegiatan supervisi dan pengawasan keamanan pangan di pasar rakyat merupakan upaya untuk memastikan keamanan pangan segar yang dikonsumsi masyarakat.

“PAS AMAN ini tentunya kami harap dapat mengoptimalkan penjaminan keamanan dan mutu pangan segar di peredaran, dalam hal ini Pasar Pangkalan Balai,” katanya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banyuasin Masita Liana melalui Kabid Keamanan Pangan Andi Wijaya mengatakan, pihaknya akan berkordinasi, berkolaborasi, bersinergi, dan dengan sejumlah dinas untuk memaksimalkan program yang ada di dinas masing- masing dalam mengintervensi pasar PAS AMAN ini sehingga terciptanya pangan yang baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat, dirinya berharap program seperti ini dapat dilanjutkan di masa yang akan datang, karena banyak memberikan dampak positif.

“Terima kasih kepada Bapanas, kami berharap program baru ini dapat berlanjut kedepan, tentunya kami siap melaksanakan program yang sangat baik ini,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Pasar Pangkalan Balai, Elmiyana sekaligus Ketua Internal Control Sistem (ICS) Pasar Pangkalan Balai mengatakan, siap melaksanakan tugas sekaligus memantau para petugas yang sudah ditunjuk untuk melaksanakan kontrol program PAS AMAN ini, mulai dari pendataan pedagang, pengecekan bahan pangan segar hingga sanitasi dan higenis guna terlaksananya program tersebut.

“Tentunya kami siap mengawalnya mulai dari pendataan hingga higienis barang yang keluar masuk pasar Pangkalan Balai ini, akan kami laporkan dan evaluasi jikalau ada kendala dan kekurangan kepada tim yang sudah dibentuk,” tukasnya (bar)

Pos terkait