Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Yogyakarta Bersama PBI Gelar Lomba Burung Berkicau

  • Whatsapp
Lomba burung berkicau Piala Walikota Yogyakarta di Halaman Air Mancur Kompleks Balaikota Minggu (18/6/23).

YOGYAKARTA (DIY), utarapost.net – Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta yang bekerjasama dengan Pelestari Burung Indonesia (PBI) menyelenggarakan Lomba Burung Berkicau Piala Walikota Yogyakarta di Halaman Air Mancur Kompleks Balaikota Yogyakarta, Minggu (18/6/23).

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan pencinta burung berkicau dengan berbagai macam jenis burung seperti lovebird, murai, cucak hijau dan kenari. Suasana Balaikota tampak meriah dengan suara kicauan burung dari berbagai jenis yang dilombakan.

Bacaan Lainnya

Penjabat (Pj) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo menyampaikan Kegiatan penghobi burung dapat membuka peluang bagi masyarakat untuk terlibat dalam usaha penangkaran dan perdagangan burung peliharaan, serta mendapatkan manfaat ekonomi yang berkelanjutan.

“Dunia burung peliharaan bisa menjadi industri yang menjanjikan, baik secara ekonomi maupun sosial,”katanya

Singgih menambahkan melalui kegiatan lomba burung berkicau, bisa menjadi salah satu agenda wisata sport tourism atau wisata minat khusus.

“Perlu diapresiasi kepada seluruh pecinta burung yang telah turut melestarikan burung, merawat serta melatih,”ujarnya.

Harapannya, dengan silaturahmi ini dapat menjadi media untuk saling bertukar ilmu tentang penangkaran dan membuat sangkar.

“Perawatan yang baik dan benar serta bisa menjadi sebuah lapangan pekerjaan baru karena perlu untuk menjaga ekosistem burung,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Suyana menyebutkan Lomba Burung Berkicau Piala Walikota merupakan sarana bagi para pecinta burung berkicau untuk berkompetisi serta sebagai wadah untuk pelestarian burung kicau di Yogyakarta.

“Sekaligus untuk mempererat tali persaudaraan sesama pecinta burung berkicau dan meningkatkan semangat melestarikan serta menangkar burung burung lokal,”paparnya

Kegiatan tersebut diikuti oleh pecinta burung dari seluruh Indonesia sehingga harapannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya para peternak burung, pengrajin sangkar burung, penjaja makanan dan kelompok binaan dari Dinas Pertanian dan Pangan.

“Kegiatan lomba ini menuju visi dan misi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya pengembangan pertanian dan peternakan di Kota Yogya yang berbasis hobbies yaitu tanaman dan hewan yang eksotis dan memiliki nilai jual tinggi,” pungkasnya. (Aji)

Pos terkait