Kaleidioskop Semarak 15 Tahun Gumi Tioq Tata Tunaq, Bersama Wujudkan Lombok Utara Hebat

  • Whatsapp
Pemotongan nasi tumpeng HUT KLU ke-15 oleh Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu, didampingi Ketua DWP. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu, Wabup Danny Karter FR, Ketua GOW dan pejabat veretikal, bertempat dikantor bupati setempat, Jumat, (21/7/2023)

LOMBOK UTARA (NTB), Utarapost.net — Menapaki usia 15 tahun, Kabupaten Lombok Utara menjelma menjadi kabupaten yang mampu menyejajarkan diri dan bersaing dengan kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Nusa Tengara Barat khusunya dan di Indonesia umumnya.

Menapaktilasi sejarah berdirinya Kabupaten Lombok Utara 15 tahun silam, ketika itu warga Lombok Utara bagian dari masyarakat Lombok Barat bagian utara. Melihat kemajuan zaman dan kebutuhan publik yang semakin berkembang maju, menuntut percepatan pelayanan administrasi pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan umum yang maksimal telah memotivasi tercetusnya keinginan masyarakat Kabupaten Lombok Barat bagian utara untuk mengusulkan pemekaran menjadi daerah berdiri sendiri yaitu Kabupaten Lombok Utara. Perjuangan pembentukan Kabupaten Lombok Utara yang menjadi harapan seluruh lapisan masyarakat akhirnya bisa terwujud.

Bacaan Lainnya

Pengesahan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Lombok Utara di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 21 Juli 2008 oleh Presiden ketika itu menjadi tonggak sejarah dan babak baru keberlangsungan Kabupaten Lombok Utara selanjutnya dalam menata kelola sendi-sendi kehidupan berotonomi melalui penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter FR bersama tamu undangan lainnya pada upacara HUT ke-15 Kabupaten Lombok Utara

 

Proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan selama kurun waktu 15 tahun, awalnya dengan tahapan-tahapan pembangunan, meletakkan dasar-dasar bagi suatu proses pembangunan untuk mewujudkan cita-cita daerah otonom yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam semua aspek kehidupan berorientasi pada pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan norma-norma agama, budaya, kearifan lokal, dan adat istiadat yang bestari agar mampu mengejar ketertinggalan pembangunan dan pemerintahan daerah sesuai dengan kehendak rakyat.

Sah dan, perjalanan roda pemerintahan dan pembangunan pun dapat berlangsung sesuai dinamika perkembangan zaman dan kebutuhan layanan publik, tampak dari kualitas  pembangunan manusia ditandai meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lombok Utara. Laju pembangunan terus menggeliat maju baik infrastruktur (fisik) maupun suprastruktur (non fisik).

Perayaan HUT ke-15 Kabupaten Lombok Utara (KLU) 2023 mengusung tema “Bersama Wujudkan Lombok Utara Hebat”, diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan meskipun digelar sederhana namun sangat berkesan bagi segenap lapisan masyarakat Gumi Tioq Tata Tunaq melihat perkembangan Lombok Utara yang sudah bergerak gradual meniti kemajuan. Kendatipun saat ini sedang berbenah dalam pembangunan fisik dan non fisik, namun kini masyarakat Kabupaten Lombok Utara sudah memilki kantor kepala daerah yang megah dan representatif. Terbangunnya kantor pusat pemerintahan ini dihajatkan untuk kemudahan pelayanan masyarakat Lombok Utara yang nyaman dan maksimal. Tahun ini pembangunan infrastruktur daerah terus diakselerasi seperti pembangunan jalan nasional, jalan Tanjung-Bayan, penataan kota Tanjung, serta pembangunan komplek perkantoran perangkat daerah. Pada tahun ini pula direncanakan tahapan awal proses pembangunan jalan lingkar utara.

Pelepasan peserta Motocross Hill Climb Competition Explore Alam Lombok Utara (Extra) 2023 di Desa Malaka Kecamatan Pemenang oleh Wabup Danny Karterr FR di Desa Malaka

 

Durasi pagelaran HUT ke-15 KLU digelar hampir selama 4 bulan sejak Mei 2023 hingga Agustus 2023, sebagaimana dipaparkan Ketua Panita HUT ke-15 KLU tahun 2023, H. Rubain, bahwa rangkaian kegiatan untuk memeriahkan 15 tahun Lombok Utara, di antaranya event Motocross Hill Climb Competition Explore Alam Lombok Utara (Extra) 2023 di Desa Malaka Kecamatan Pemenang, berlangsung sejak 3-4 Mei diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Event yang mengkompetisikan dua kategori kelas, yaitu FFA dan Build Up Class.

Para pemenang kompetisi Motocross Hill Climb Competition Extra 2023 yaitu Juara I dan Juara II Kelas FFA disabet oleh Peserta dari Provinsi Bali, sementara Juara III digondol oleh Peserta dari Kabupaten Lombok Tengah Provinsi NTB. Sedangian pada Kelas Build Up Class, Juara I dan Juara II digondol oleh Peserta dari Kabupaten Lombok Tengah, sedangkan Juara III disabet Peserta dari Kabupaten Lombok Timur.

Pembukaan pameran Bonsai ditandai dengan pemukulan gendang Bleq oleh Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu Selasa (4/7/ 2023).

 

Berkutnya, pada 1 Juli 2023 rangkaian kegiatan HUT ke-15 dilanjutkan dengan Kontes dan Pameran Nasional Bonsai dibuka Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu di Lapangan Tioq Tata Tunaq selama 11 hari mulai 1 hingga 11 Juli, diikuti oleh 600 peserta dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu mengungkapkan, bahwa pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata bersama Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) KLU menggelar Kontes dan Pameran Nasional Bonsai bertajuk “Gebyar Bonsai Tioq Tata Tunaq Tahun 2023”. Jika melihat Bonsai yang dipamerkan adalah bonsai hasil kreasi tangan orang-orang kreatif, sabar dan ikhlas. Pameran semacam ini menurut bupati, akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dalam pada itu, Ketua PPBI KLU, Nasli, pada momen kontes dan pameran nasional bonsai ini menjelaskan, bahwa gebyar bonsai tersebut sebagai media promosi wisata daerah dan pengembangan ekonomi kreatif masyarakat Lombok Utara dilaksanakan dari 1-11 Juli. Anggaran kontes dan pameran itu bersumber dari APBD KLU dalam DPA Dispar KLU. Para peserta kontes dan pameran nasional bonsai adalah para pecintai bonsai dari kabupaten/kota di Provinsi NTB, Jatim, dan Bali, bahkan peserta dari luar negeri yaitu Jerman dan Austria.

Pembukaan pertandingan Futsal Pemda Cup II digelar 3-17 Juli 2023 oleh Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu

 

Kemeriahan HUT ke-15 KLU tahun 2023 dilanjutkan dengan pertandingan Turnamen Futsal Pemda Cup II digelar 3-17 Juli dikuti 34 tim. Partai final mempertemukan Bhayangkara Lotara Vs Praja Lotara berlangsung seru gemuruh. Kedua tim menampilkan permainan terbaik dan saling serang hingga detik-detik terakhir pertandingan. Dalam turnamen ini, Bhayangkara Lotara keluar sebagai Juara Open Turnamen Futsal Pemda Cup II Tahun 2023 setelah mengalahkan Praja Lotara dengan skor 3-2, di Lapangan Futsal Asyfa Dusun Karang Amor Desa Gondang Kecamatan Gangga.

Selanjutnya, pada 10  juli 2023, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) KLU menggelar Lomba Catur Bupati Cup Tahun 2023, bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan KLU. Pembukaan lomba catur ini dibuka Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu. Dihadiri Sekretaris Percasi NTB, Miftahurrahman, Kepala PD, para Camat, Ketua Percasi KLU, Hasto Wahjono, pada Senin (10/7/2023).

Para atlet catur yang mengikuti lomba adalah orang-orang hebat. Catur sebagai perlombaan unik, pasalnya para pemain yang mengikuti lomba memiliki daya pikir, kecerdasan, dan konsentrasi tinggi untuk mengakhiri sesi permainan.

Ketua Penyelenggara Lomba Catur Bupati Cup Tahun 2023, Gatot Sugihartono melaporkan bahwa jumlah atlet yang ikut bertanding pada lomba kejuaraan catur sebanyak 135 orang berasal dari semua kecamatan di KLU.

H. Djohan Sjamsu membuka Lomba Catur Bupati Cup Tahun 2023, di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan KLU.  Senin (10/7/2023).

 

Pada 14 Juli 2023 kegiatan memeriahkan HUT ke-15 KLU diisi turnamen Kejuaraan Tenis Meja Bupati Cup Tahun 2023. Turnamen secara resmi ditutup Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, pada Minggu (16/7/2023) sore, di Pusat Lapak UMKM Desa Sesait. Prosesi penutupan dihadiri Camat Kayangan, Siti Rukayah, Kades Sesait, Susianto, dan unsur-unsur terkait lainnya.

Pada Kejuaraan Tenis Meja Bupati Cup Tahun 2023 keluar sebagai pemenang pada setiap kategori lomba masing-masing kategori Single yaitu Juara 1 H. Burhan M. Nur dari PTM. Bintang Biru, Juara 2 Padli dari PTM. Bintang Biru, dan Juara 3 bersama diraih Risman Hidayat dan Edi Kurniawan dari PTM. Pade Mare.

Sementara pada kategori Double, Juara 1 diraih oleh Zohri cs dari PTM. Bintang Biru, Juara 2 diraih oleh Baok Cs dari PTM. Pade Mare, sedangkan juara 3 bersama diraih Lalu Jalil dari PTM. Pade Mare dan Dedi dari PTM. Pamor.

Para atlet peraih juara 1 dan juara 2 kategori Single pada Turnamen Tenis Meja Bupati Cup 2023 mendapatkan hadiah terdiri dari uang pembinaan, piagam dan tropi. Jumlah nominal uang pembinaan untuk juara 1 Rp.1.000.000, juara 2 Rp.750.000, dan juara 3 bersama masing-masing Rp.500.000. Sementara kategori Double, juara 1 Rp.1.500.000, juara 2 Rp.1.000.000, dan juara 3 bersama masing-masing Rp.750.000.

Penyerahan hadiah oleh Bupati lombok Utara Djohan Sjamsu kepada juara Tenis Meja Bupati Cup Tahun 2023

 

Rangkaian kegiatan selanjutnya Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Lombok Utara untuk mendengarkan pidato capaian keberhasilan pembangunan Lombok Utara disampaikan Bupati H. Djohan Sjamsu, di ruang sidang DPRD setempat, 20 Juli 2023. Disusul penerimaan Bendera Pataka Lambang Daerah Kabupaten Lombok Utara TIOQ TATA TUNAQ bergerak mengeliingi Lombok Utara selama lima hari.

Pada hari puncak peringatan HUT ke-15 KLU, pemerintah daerah melaksanakan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Lombok Utara, Jum’at (21/7/23). Para petugas upacara terdiri dari Inspektur Upacara, Bupati H. Djohan Sjamsu, Pemimpin Upacara, Ipda Ade Dwi Aryfiyana, Perwira Upacara, AKP Lalu Iskandar Zulkarnaen, serta pembaca sejarah singkat berdirinya KLU, Artadi (Ketua DPRD).

Dalam amanatnya, Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, menyampaikan bahwa tahun 2023 adalah masa ketiga pengabdiannya bersama Wakil Bupati Danny Karter FR untuk masyarakat KLU. Dalam rentang waktu tersebut telah banyak hal yang mewarnai derap langkah dalam membangun daerah menuju kondisi lebih baik.

Menurutnya, berinovasi bersama menjadi tolak ukur dari kreativitas dan produktivitas siklus pembangunan daerah. Diusia tergolong masih muda, KLU menunjukkan hasil cukup baik dilihat dari sejumlah pencapaian target maupun prestasi pembangunan daerah.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Lombok Utara dalam rangka HUT ke-15 Tahun KLU di pimpin Ketua DPR Artadi, didampingi Wakil Ketua 1 H Burhan M Nur, Wakil Ketua II Mariadi dihadiri Bupati H Djohan Sjamsu, Wabup Danny Karter FR, anggota DPRD serta Kepala OPD lingkup Pemda KLU serta undangan lainnya

 

Setelah 15 tahun berlalu, KLU mampu menurunkan angka kemiskinan yang pada awal terbentuk sebesar 43,14 persen. Berdasarkan data BPS tahun 2023, angka kemiskinan KLU pada posisi 25,9 persen atau menurun 1,11 persen dibandingkan kondisi tahun 2022 sebesar 27,04 persen.

Pencapaian percepatan penurunan stunting menunjukkan hasil baik. Rilis data BPS tahun 2023, angka stunting di KLU sejumlah 19.5 persen, atau menurun dari kondisi tahun 2021 sebesar 28,31 persen.

Disampaikan Bupati Djohan, berdasarkan data BPS 2023, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lombok Utara meningkat 0,93 atau 65,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya sejumlah 64,77 persen. Peningkatan ini berarti masyarakat Lombok Utara sudah mengakses hasil-hasil pembangunan dalam sektor pendapatan, kesehatan, pendidikan dan sektor-sektor lainnya.

Dihadapan peserta upacara, Bupati Djohan, membeberkan, program dibidang infrastruktur pada 2022, pemda telah menyelesaikan pembangunan kantor pusat pemerintahan yaitu kantor kepala daerah yang representatif. Proses pelebaran jalan nasional sepanjang 41,60 km sedang dalam tahap pengerjaan ditaegetkan tuntas satu tahun dari Maret 2023 hingga Juni 2024. Dibidang penataan tataran aparatur pemerintahan, pemda terus membangun koordinasi dan konsolidasi untuk kelancaran pelaksanaan berbagai program pembangunan.

Dibidang sosial kemasyarakatan dan perekonomian, pada tahun 2022 Pemda KLU telah memberikan bantuan hibah dan bansos untuk pembangunan rumah ibadah baik masjid, pura dan vihara. Kemudian, pada 2022 pemda memberikan bantuan pinjaman subsidi tanpa bunga kepada pelaku UMKM di KLU dengan realisasi sebesar 700 juta atau 99,91 persen. Pada tahun 2023 ditambahkan anggarkan bantuan untuk UMKM sebesar 1 milyar 300 juta dari pagu anggaran sebelumnya menjadi 2 M.

Berbagai Ikhtiar membangun daerah telah menunjukkan pencapaian positif dengan diraihnya sejumlah penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional. Dibidang pengelolaan keuangan daerah, pada 2023 KLU kembali mendapatkan predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Provinsi NTB ke-9 kali secara berturut-turut.

Dibidang pendidikan, KLU menerima penghargaan sebagai daerah mampu meningkatkan literasi dan numerasi di satuan-satuan pendidikan di daerah dari Kemendikbudristek RI. Dibidang pengembangan inovasi layanan publik, KLU menerima penghargaan Inagara Award dari LAN RI. Dibidang penyelenggaraan pemerintahan daerah, KLU menorehkan penghargaan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan Status Kinerja Sedang dari Kemendagri.

Bupati Lombok Utara saat menjadi Inspektur Upcara pada HUT ke-15 Tahun KLU , Jumat (21/7/2023

 

Dalam bidang kesehatan, KLU meraih penghargaan capaian UHC 95 persen dari BPJS Kesehatan atas angka kepesertaan program JKN BPJS dengan kategori tinggi. Dalam bidang manajemen kepegawaian, KLU diberikan penghargaan Anugerah Meritokrasi Kategori Baik atas hasil penilaian penerapan merit sistem dalam manajemen ASN dari Komisi aparatur sipil Negara RI, disusul penghargaan Terbaik Pemutakhiran Data Mandiri ASN di Provinsi NTB dari BKN RI.

Komuni HUT ke-15 KLU dirangkaikan dengan penyerahan Piagam Desa Mandiri kepada tujuh Desa dari Kementerian Desa dan PDTT RI, di antaranya Desa Gili Indah, Pemenang Barat, Jenggala, Tanjung, Gondang, Anyar, dan Desa Karang Bajo. Berikutnya, penyerahan Sertifikat Akreditasi RSUD KLU Tingkat Kelulusan Paripurna, Juara 1 Lomba TTG Tingkat Provinsi NTB, piagam Posyandu Keluarga Tingkat KLU dengan Juara 1 Posyandu Bunga Senja Dusun Rebakong, Juara 2 Posyandu Nangka Dua Dusun Lendang Luar, Juara 3 Posyandu Jasmin Dusun Batu Rakit. Disusul penyerahan piagam dan uang pembinaan kepada Juara 1 STQH Tingkat Provinsi NTB, serta pemberian piagam penghargaan kepada Pencipta Lagu Hymne KLU, H. Adnan.

Rangkaian komuni menperingati HUT ke-15 tahun 2023 nampak dimeriahkan dengan sejumlah pertunjukan seperti Atraksi Dram Band, Pelepasan Burung Merpati dan Balon Ucapan Ulang Tahun ke-15. Malam harinya disuguhkan pertunjukkan Wayang Kulit Lalu Nasip AR. Pada 22 Juli 2023 sore, panitia menyuguhkan Pertandingan Presean, hiburan kesenian tradisional suku Sasak yang kerap dipertunjukkan pada acara-acara adat. Tradisi ini sebagai jenis pertunjukan seni tari daerah. Pemain peresean dapat dikategorikan sebagai permainan remaja dan dewasa yang hanya dilakukan oleh kaum laki-laki. Sejumlah pertunjukan hiburan rakyat ini disuguhkan dalam rangka menyemarakkan perayaan Hari Jadi Bumi Tioq Tata Tunaq ke-15 tahun 2023. Selesai (muh/red)

Pos terkait