Kapolda DIY: Pengambilan dan Penyerahan Air Suci Rangkaian Peringatan Hari Bhayangkara ke 77

  • Whatsapp
Foto: Penyerahan air suci Umbul Manten Gunung Merapi kepada Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan

YOGYAKARTA (DIY), Utara post.net – Polda DIY menggelar Apel Pengambilan Air Suci Dalam Rangka Pembinaan Tradisi Hari Bhayangkara Ke-77, di Lapangan Mapolda DIY. Selasa (13/6/23)

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H. dan turut dihadiri Wakapolda DIY serta seluruh Pejabat Utama Polda DIY.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya Kapolda mengatakan pengambilan dan penyerahan air suci tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-77 yang dilaksanakan oleh Polda DIY.

“Hari Bhayangkara ke-77 adalah moment yang berharga bagi seluruh anggota Polri. Dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara Ke-77 Polda DIY mengadakan acara pengambilan dan penyerahan air suci Umbul Manten Gunung Merapi,” ungkap Kapolda.

Kapolda menambahkan melalui pengambilan dan penyerahan air suci tersebut memperkuat nilai-nilai tradisi serta spiritualitas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota kepolisian.

“Air suci ini menjadi simbol penyucian dan pembinaan diri, serta menguatkan semangat pengabdian dalam menjalankan tugas dengan integritas dan profesionalisme kita sebagai anggota kepolisian,”tutur Kapolda.

Mengakhiri amanatnya Kapolda berharap Polri mendapatkan kekuatan dan inspirasi untuk melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan pengabdian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Semoga acara pengambilan dan penyerahan air suci umbul manten gunung merapi ini memberikan keberkahan, semangat baru, dan kesatuan yang lebih kuat di antara kita,” pungkas Kapolda.

Sementara itu Kabid Humas Polda DIY
Kombes Pol Nugroho Arianto, S.I.K., M.H., kepada media menyampaikan bahwa air suci diambil dari Umbul Manten, Gunung Merapi, Sleman.

“Umbul lanang dan Umbul Wadon merupakan sumber mata air dari lereng Gunung Merapi,” jelas Kombes Nugroho

Air yang diambil dari umbul tersebut tambahnya dimasukan dalam kendi oleh juru kunci kemudian oleh personil gabungan Brimob, Polairud dan Samapta Polda DIY diserahkan kepada Kapolda DIY di loby Mapolda DIY.

“Selanjutnya air suci tersebut digunakan dalam prosesi upacara pencucian Pataka Polda DIY Manggala Naya Wiwarottama.”Tutupnya (aji)

Pos terkait