Pemkot Yogyakarta Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Kelas Produknya

  • Whatsapp
Kadis Perinkop UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto Raharjo sedang meninjau Stan produk - produk dipasar UMKM Danurejo

YOGYAKARTA (DIY), utarapost – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kelas produknya agar bisa dipasarkan lebih luas. Salah satunya melalui kegiatan Pasar UMKM Danurejo yang diadakan Kemantren Danurejan.

Jumat (9/6/23).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut menjadi ajang pemberdayaan masyarakat dan tes pasar produk UMKM.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto Raharjo mengatakan Pemkot Yogyakarta mengapresiasi Kemantren Danurejan yang telah menginisiasi kegiatan Pasar UMKM Danurejo. Pasar UMKM sebagai langkah strategis membangkitkan semangat pelaku UMKM dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ini salah satu upaya memberdayakan UMKM untuk transaksi lokal dan pemasaran lokal. Setidaknya mengatasi pemasaran mereka. Ini sebagai tes pasar juga,” kata Tri Karyadi di sela peluncuran Pasar UMKM Danurejo di halaman Kantor Kemantren Danurejan.

Menurutnya dari hasil peninjauan stan produk-produk di Pasar UMKM Danurejo rata-rata sudah layak apabila dipasarkan di tingkat lokal di Danurejan. Namun jika dipasarkan lebih luas seperti keluar daerah masih banyak yang belum memenuhi standar ketentuan.

“Misalnya terkait sertifikasi halal dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Untuk itu Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta terus mengedukasi kepada pelaku UMKM agar memenuhi sertifikasi produk,”sambungnya

Tri Karyadi menyarankan bahwa Ini sebagai tahap awal, ke depan tidak boleh biasa-biasa, yang ikut produknya harus terkurasi. Misalnya dari sisi legalitas dan sertifikat sehingga otomatis UMKM akan segera melengkapi syarat itu.

“Selanjutnya dinas akan melakukan kurasi apakah layak dipasarkan misalnya di mall,”pungkasnya (Aji)

Pos terkait