Pemkot Yogyakarta Gelar Upacara Peringati Hari Koperasi Ke-76

  • Whatsapp
Upacara peringatan hari koperasi ke 76 di lapangan kompleks Balaikota Yogyakarta. Senin (17/7/23)

YOGYAKARTA (DIY), utarapost.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-76 di lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta. Bertindak sebagai inspektur upacara Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra) Pemkot Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono. Senin (17/7/23)

Upacara diikuti oleh ASN dan pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta, serta Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (Disperinkopukm) Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya Yunianto menyampaikan, saat ini pemerintah berfokus pada pengembangan sektor riil koperasi, untuk membangun anggota ekonomi dan masyarakat yang lebih luas.

“Banyak potensi yang dimiliki, mulai dari perdagangan, jasa pariwisata, industri kecil rumah tangga, kuliner, pertanian, peternakan, perikanan dan lainnya. Dan dengan potensi destinasi wisata unggulan seperti, kerajinan dan komoditas di mana koperasi sektor riil dapat menjadi pemain utama, dalam memanfaatkan sumber daya tersebut,”ujarnya

Ia menambahkan Supaya manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan, dapat didistribusikan kembali ke anggota dan masyarakat di wilayahnya.

“Saat ini koperasi didorong lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial dan budaya secara global, serta mampu menjawab tantangan zaman dengan memiliki daya saing dan kolaborasi yang besar,”jelasnya

“Isu strategi yang perlu menjadi perhatian bersama adalah mengenai pembaruan ketentuan modal koperasi, adopsi teknologi digital dalam tata kelola dan usaha, modernisasi kelembagaan, rekognisi koperasi syariah, serta afirmasi koperasi sektor riil,”tambahnya.

Tema peringatan Hari Koperasi ke-76 adalah Kemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat, dengan tagline Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju.

Setelah rangkaian acara selesai kemudian pemberian penghargaan pada pemenang Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian, yang terdiri dari Jenjang SMP yang dimenangkan oleh SMPN 10, SMPN 8, SMPN 9, Jenjang SMA/SMK oleh MAN 1, SMAN 8, SMAN 1, Jenjang Perguruan Tinggi oleh KOPMA UII, dan 2 KOPMA UAD, serta Lomba Pra Koperasi memenangkan Bank Sampah Dados Artho, Gapoktan Ngudi Luhur dan Bina Sejahtera Mandiri. (Aji)

Pos terkait