Pokdakan Oma Segoar Maju Dikukuhkan

  • Whatsapp


Bayan, Utarapost.net – Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Oma Seguar Maju merupakan salah satu kelompok pembudidaya ikan yang ada di Kecamatan Bayan. Kelompok ini membudidayakan dua jenis ikan, yaitu lele dan nila. Berangkat dari pengalaman menjadi mitra penjual ikan, ketua Pokdakan setempat terinspirasi untuk menganyam ikan secara mandiri. Dimotivasi pemberdayaan pada warga di samping keuntungan sebagai mitra cukup menjanjikan, terlebih lagi kalau pengelolaan ikan bisa dibudidayakan sendiri, tentu raupan penghasilan tergadang lebih besar.

Ketua Pokdakan Oma Segoar Maju juga berinisiatif merangkul tetanga di sekitarnya sehingga dibentuk kelompok budidaya ikan setempat. Kelompok ini terletak di Lendang Bile Dusun Oma Segoar, wilayah perbatasan Desa Senaru dan Desa Karang Bajo dengan anggota 14 orang. Mereka berasal dari dua desa, yaitu Senaru dan Karang Bajo.

Bacaan Lainnya

Hasil budidaya ikan Pokdakan Oma Segoar Maju dijual di dua segmen pasar: Pasar Anyar dan Pasar Ancak. Dengan keberadaan dua pasar itu, tempat menjual hasil budidaya pun semakin dekat, selain menunggu pembeli datang langsung ke lokasi pokdakan setempat.

Faktor lain juga diuntungkan program pengaspalan jalan penghubung dua desa, Senaru dan Karang Bajo. Program itu disinyalir dapat memudahkan akses infrastruktur ke lokasi Pokdakan Oma Segoar Maju yang semakin bagus sehingga distribusi hasil budidaya juga semakin lancar.

Untuk akselerasi perkembangan kelompok ke depan, baru-baru ini, ketua Pokdakan Oma Segoar Maju bersama pendamping kelompok menemui kepala Desa Senaru meminta surat keputusan (SK) Kelompok Budidaya Ikan Oma Segoar Maju.

Gayung pun bersambut, berselang beberapa hari kemudian, Kepala Desa Senaru Raden Akria Buana menerbitkan SK untuk Pokdakan Oma Segoar Maju. Bersamaan dengan penyerahan SK juga dilakukan pengukuhan kelompok setempat oleh Kepala Desa Senaru, Raden Akria Buana (RAB).

Pada kesempatan pengukuhan itu, RAB memberi apresiasi terbentuknya kelompok budidaya ikan setempat. RAB juga berpesan pengurus kelompok senantiasa menjaga hubungan antaranggota, menjaga kekompakan dalam kelompok serta bersatu padu mengelola kelompok. Tidak lantas membuat sekat-sekat agar budidaya ikan tersebut semakin berkembang pada masa mendatang. Tak hanya itu, RAB menegaskan pentingnya bagi semua kelompok ekonomi produktif di wilayah Desa Senaru, baik kelompok petani, kelompok pekebun maupun kelompok peternak membuat akte notaris. Akria Buana menghendaki semua kelompok usaha yang ada di wilayah Desa Senaru harus punya legalitas yang jelas dari segi hukum. (ha/sid)

Pos terkait