Sekda NTB Dampingi Sekjen Kemendagri Rakor Progres Program PKW

  • Whatsapp

Mataram (NTB), Utarapost.com – Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariadi mendampingi Sekjen Kemendagri, H. Suhajar Diantoro pada rapat koordinasi (rakor) Progres Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) bagi anak-anak usia 15-25 tahun bukan siswa/mahasiswa, pada Jumat (4/8/2023).

Rakor online tersebut dihadiri Ketua Harian dan Wakil Ketua Harian Dekranas, para Sekda 21 Provinsi penerima Program PKW, para Ketua Dekranasda Provinsi, Kadis Pendidikan, Kadis Perdagangan, Kadis Perindustrian dan Kadis Koperasi 21 provinsi..

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Miq Gite sapaan Sekda NTB yang juga Ketua Umum Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi), menjelaskan, di NTB program PKW sukses dilaksanakan tahun 2022 dengan peserta sebanyak 225 orang dari kabupaten/kota se-NTB.

“Untuk NTB, program PKW telah dilaksanakan tahun 2022. Peserta yg mengikuti sebanyak 225 orang dari kabupaten/kota se-NTB,” tutur Sekda.

Menurut Ketua Umum Fordasi ini, Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) adalah program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat usia anak sekolah (15-25 tahun), baik yang tidak sekolah, putus sekolah yang masih belum bekerja atau lulus tetapi tidak melanjutkan pendidikan. Melalui program ini, masyarakat bisa mengembangkan potensi diri dan menjalankan usaha secara mandiri.

Pengembangan program PKW hasil kerja sama dengan Dekranas tersebut telah dilakukan sejak tahun 2020 dengan konsentrasi program Tekun Tenun. Hingga saat ini, program ini telah menjangkau hingga 3.000 penerima manfaat di berbagai kawasan di Indonesia termasuk di NTB. (red/*)

Pos terkait