Tanam Ribuan Pohon di Zona Rawan Longsor, Kepala Desa Bentek Apresiasi Manajemen PT. SIC

  • Whatsapp
Kepala Desa Bentek, Warna Wijaya, S.AP

LOMBOK UTARA (NTB ), Utarapost.net- Pemerintah Desa Bentek Bentek memberikan apresiasi tinggi kepada pihak Manajemen PT. Suar Investindo Capital (SIC) yang menanam bibit pohon di sejumlah titik rawan longsor dan tepian sungai dalam rangka mencegah abrasi dan pelestarian sumber mata air dalam jangka panjang, bertempat di Dusun San Baro Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, Jumat (7/7/2023).

Kepala Desa Bentek, Warna Wijaya, S.AP, merasa sangat bersyukur atas inisiatif pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah desa yang dipimpinnya.

Bacaan Lainnya

“Saya bersyukur sekali adanya program ini, kegiatan yang dipioneri teman-teman di PLTMH. Tentu giat ini sangat kami dukung sebagai program penghijauan dengan tujuan mengurangi dampak terjadinya longsor dan abrasi,” ungkapnya.

Dikatakan Warna, ada 2.500 pohon alpukat yang akan ditaman di sekitaran mata air dan sepanjang zonasi pinggiran sungai wilayah desa setempat.

“Pohon-pohon yang ditanam kebanyakan buah-buahan, karena apabila satu tahun, dua tahun, sudah berbuah kan punya manfaat ganda, dapat mendongkrak ekonomi warga di Desa Bentek dan sekitarnya dan memelihara lingkungan,” tandas Warna.

Kegiatan reboisasi lingkungan itu merupakan salah satu program rutin tahunan perusahaan yang bergerak mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Adapun jenis pohon yang ditanami di sekitar kawasan operasional PLTMH Segara terdiri dari Alpukat 2.500 Pohon, Kembang Tabebuya 500 Pohon, Camplung 250 Pohon, Raju Mas 200 Pohon dan Trembesi 200 Pohon. Penanaman sejumlah pohon kayu tersebut bertujuan mengurangi resiko longsor dan abrasi di hilir sungai.

Dalam pada itu, HRD PT. SIC, Regab Susila, disela-sela penanaman pohon kepada wartawan media ini, menuturkan bahwa reboisasi merupakan aktivitas menanami kembali hutan-hutan yang sudah gundul. Tujuannya kegiatan itu, kata dia, untuk mencegah kejadian longsor, pasalnya zonasi dusun setempat khususnya dan Desa Bentek umumnya berada di kawasan pegunungan.

“PLTMH Segara merupakan pembangkit listrik tenaga mikro hidro yang beroprasi sejak 2014. Mesin pembangkit PLTMH Segara ini mampu menyuplai daya hingga 7 Megawatt, sehingga bisa menyuplai kebutuhan listrik masyarakat di antero Lombok Utara. Jalur air PLTMH Segara ini melintas pada sepanjang lereng perbukitan Desa Bentek. Mulai dari bendungan di bawah Air Terjun Tiu Saong dengan jalur 2,8 kilometer mengalir berliku sampai ke rumah pembangkit (Power House-red),” bebernya.

Bibit pohon yang akan di tanam di sejumlah titik rawan longsor dan tepian sungai dalam rangka mencegah abrasi dan pelestarian sumber mata air dalam jangka panjang, bertempat di Dusun San Baro Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, Jumat (7/7/2023).

Menurut Regab, menanam pohon sebagai salah satu kebaikan, pasalnya reboisasi mengandung pesan maslahat, misalnya memperbaiki fungsi hutan sehingga alam lingkungan hidup menjadi sehat.

Secara filosofis, jelasnya, alam merupakan warisan untuk anak cucu masa depan sehingga pihaknya merasa bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian ekologi.

“Salah satu langkah praktis yang bisa kita ambil yaitu melakukan penanaman pohon sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin agar alam kita terjaga dengan baik. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menanam serta menjaga kelestarian alam kita, terutama sekali agar tidak tercemar akibar polusi,” terang Regab.

HRD PT. SIC tersebut lantas berharap kedepan penanaman pohon bisa menjadi program bersama warga yang berdomisili di wilayah terisolir seraya mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah dataran tinggi mulai menumbuhkan tingkat kepedulian terhadap ekologi.

“Harapan kedepannya, kita akan berkolaborasi dan bekerja sama dengan warga masyarakat desa bermotto polah palih polos ini dalam hal pemeliharaan, perawatan hingga pengawasan nantinya,” pungkasnya. (dsr)

Pos terkait