Terima Kunker Bupati Belitung, Ini Dia Cerita Bupati Djohan

  • Whatsapp

Tanjung, Utarapost.net – Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH menerima kunjungan kerja (Kunker) Bupati Belitung beserta anggota Forkopimda Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung bertempat di Aula Bupati, Senin (5/04/2021).

Bupati Djohan menyampaikan selamat datang kepada Bupati Belitung, sembari menceritakan historis singkat terbentuknya kabupaten termuda di NTB ini.

Bacaan Lainnya

“Kabupaten Lombok Utara terbentuk tanggal 21 Juli 2008 dengan luas wilayah Lombok Utara 810,39 km². Lombok Utara merupakan pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat, secara administratif terdiri dari 5 Kecamatan dengan 43 Desa. Jumlah penduduk kita di Lombok Utara sebanyak 258.752 jiwa dengan komposisi perempuan 128.441 jiwa dan laki-laki 130.211 jiwa,” terangnya.

Selain itu, bupati juga menyampaikan potensi sumber daya alam sebagai andalan aspek pariwisata di Kabupaten Lombok Utara yakni Destinasi Wisata Tiga (Gili Trawangan, Meno dan Air). Sementara wisata Air Terjun diantaranya air terjun Sendang Gila, Tiu Kelep, Tiu Pupus, Tiu Pituq, Tiu Teja, Tiu Sekeper, Kampung Wisata Kerujuk dan lainnya. Destinasi wisata budaya-religi ada Masjid Kuno Bayan, Balai Adat Segenter, Balai Beleq Gumantar, Masjid Sesait, Tradisi Bisoq Beras, Mandi Safar, dan lainnya.

Orang nomor satu di KLU ini juga menguraikan potensi kewirausahaan dalam mendukung program pembangunan Daerah dengan pengembangan ekonomi kreatif melalui sektor UMKM dan membangun kemitraan dengan BUMDES.

Pada kesempatan tersebut, bupati menyampaikan terimakasih kepada Bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Belitung atas dipilihnya KLU sebagai tujuan studi komparasinya.

Dalam pada itu, Bupati Belitung H. Sahnan Saleh S.Sos, menyampaikan Lombok Utara punya kesamaan dengan Belitung, yaitu sama-sama daerah dengan penghasilan terbesar dari sektor pariwisata, hanya saja dari pengamatannya Kabupaten Lombok Utara daerahnya lebih berkembang dari Belitung.

Bupati Sahnan menceritakan sebelum menjadi provinsi sendiri, Kepulauan Bangka Belitung merupakan bagian dari Provinsi Sumatra Selatan. Saat ini, daerahnya sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata yang didukung dengan adanya bandara internasional.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata antara dua pimpinan daerah, serta Forkopimda kemurian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (red/Kominfo)

Pos terkait