Wakil NTB LDWN 2023, Senaru Juara II Tematik Sosial Budaya dan Juara VI Maju/Mandiri

  • Whatsapp
Kepala desa Senaru Raden Akria Buana dan Bumdes Wisata foto bersama  Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu, PJ Gubernur NTB HL Gita Ariadi setelah menerima penghargaan LDWN 2023 dari Menteri Desa PDDT RI Abdul Halim Iskandar pada Jum’at, 24/11/2023. (utarapost.net/dsr)

Lombok Utara (NTB), Utarapost.net — Setelah melalui tahapan yang panjang, Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023 akhirnya menetapkan keputusan pemberian penghargaan kepada para juara terpilih. Salah satu desa yang terpilih dan berhak mendapatkan penghargaan adalah Desa Senaru Kecamatan Bayan. Senaru meraih dua kategori juara sekaligus, masing-masing Juara 2 Kategori Tematik Sosial Budaya dan Juara 6 Kategori Maju/Mandiri.

Penghargaan diberikan langsung Menteri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar kepada para Pemenang LDWN 2023, di Aruna Senggigi Resort & Convention pada Jumat (23/11/2023).

Bacaan Lainnya

Dari 2007 desa se-Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam ajang LDWN 2023, Senaru lolos 45 besar hingga akhirnya lolos 15 besar mengantarkan desa ini meraih dua kategori juara penghaegaan pada malam puncak penganugerahan LDWN 2023.

“Alhamdulillah, pada malam penghargaan Senaru mendapatkan Juara 6 Kategori Maju/Mandiri dan Juara 2 Kategori Tematik Sosial Budaya. Ini merupakan salah satu ajang luar biasa diselanggarakan oleh Kemendes PDTT RI untuk lebih memacu dan menyemangati semua desa-desa yang ikut berpartisipasi,” ungkap Kepala Desa Senaru, Raden Akria Buana kepada awak media ini, Minggu (26/11/2023).

Di NTB, Desa Senaru merupakan satu-satunya desa yang berhasil masuk 15 besar LDWN 2023. Sebelumnya Senaru pernah mendapatkan juara 4 kategori Daya Tarik Wisata diajang ADWI 2021 Kemenparekraf RI.

“Semoga LDWN 2023 ini bisa lebih maju lagi, mudahan wisata di Senaru dan NTB pada umumnya akan lebih berkembang dan makin dikenal,” harap Kades Senaru kerap disapa RAB ini.

Kepala Desa Senaru ini juga menuturkan, kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Senaru mencapai sekitar 39 ribu orang. Mereka datang melakukan kegiatan wisata baik wisata alam, budaya, kuliner dan pelesir wisata lainnya.

Kepala Desa Senaru Raden Akria Buana saat menerima piagam penghargaan LDWN 2023 juara 2 kategori tematik sosial budaya, juara 6 kategori maju mandiri oleh Menteri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar kepada para Pemenang LDWN 2023, di Aruna Senggigi Resort & Convention pada Jumat 23/11/2023. (Utarapost.net/dsr)

“Kita terus memberikan support dan seluruh stakeholder pelaku wisata lebih menjaga keamanan dan kebersihan serta kearifan lokal,” pintanya.

RAB juga menuturkan, masing-masing desa memiliki ciri khas dan keunikan baik alam, budaya, kuliner, e-craf dan Kria lainnya untuk mengikuti event kepariwisataan dan sekaligus aset besar untuk memajukan dunia pariwisata NTB.

“Percuma kita memiliki daya tarik wisata kalau lingkungan kita kotor alias tidak bersih. Aspek ini merupakan salah satu syarat menambah kunjungan wisata ke Senaru dan umumnya di NTB,” tutupnya.

Dalam pada itu, penghargaan yang diterima Desa Senaru tidak terlepas dari peran BUMDes Wisata dan Pokdarwis yang telah menjalin bekerjasama untuk memajukan pariwisata di Senaru.

“Alhamdulillah kami bersyukur dengan penghargaan yang diraih Desa Senaru. Tapi bukan berarti kita merasa puas, karena dari gelaran penghargaan tersebut, kita harus bisa menjaga, mempertanggung jawbkan dan mempertahankannya,” tutur Ketua BUMDes Wisata Desa Senaru, Munirah.

Menurutnya, BUMDes Wisata Senaru berdiri sejak tahun 2021. Lembaga yang berperan aktif memaksimalkan inovasi sembari menggali potensi-potensi di Senaru.

Selain itu, kata Irah, sapaan karibnya, kedepan banyak program yang akan direalisasikan bekerjasama dengan pokdarwis, seperti penjualan paket wisata air terjun, river tubing. Kedepan ia merencanakan paket sepeda yang dibantu oleh Kemendes PDTT RI. (dsr)

Pos terkait